The God's Call to YOU


Panggilan Allah

Berbicara tentang panggilan Allah, banyak orang khususnya jemaat yang merasa bahwa hal tersebut hanya ditujukan kepada seseorang untuk menjadi Hamba Tuhan purna waktu yang melayani jemaat Tuhan didaerah tertentu.  Tetapi sesungguhnya panggilan Allah ditujukan secara universal kepada semua orang yang percaya yg menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat.  Mari kita melihat dalam Alkitab, siapa saja yang pernah menerima panggilan dari Yesus secara langsung kemudian menanggapi dan menjadi murid-muridNya ?

1. Matius 10:1,   12 murid yang pertama
Yesus memanggil ke dua belas muridNya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.
ay. 5, keduabelas murid ini diutus oleh Yesus untuk pergi beritakan Kerajaan Sorga sudah dekat, lakukan mujizat dan berikan pelayanan dengan cuma-cuma (ay. 7,8).  Ketika mereka menerima panggilan ini, mereka semua meninggalkan pekerjaan mereka yang kebanyakan adalah nelayan kemudian pergi melayani bersama Yesus sebagai Murid.

2. Lukas 10:1, 70 murid yang lain
Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
Yesus memanggil mereka, Untuk apa ? Ay. 2 sebagai pekerja-pekerja untuk tuaian jiwa-jiwa yang semakin banyak.  Mereka semua juga meninggalkan pekerjaan mereka.  Darimana biaya hidup mereka ? - ay. 5-6, pertama dari ucapan Damai Sejahtera yang kembali kepada mereka.  Kedua dari pemberian umat tetapi masih dikarenakan oleh belas kasihan, ay. 7.

3. Luk 8 : 1 - 3, Beberapa org perempuan yg telah disembuhkan dan yang pernah ditolong Tuhan.
Mereka juga adalah murid Yesus yang diberi kesempatan untuk melayani Yesus dan rombongan dengan kekayaan mereka.  Pelayanan Yesus dan murid-murid yang lain didukung bukan lagi karena belas kasihan tetapi oleh orang-orang yang ingin membalas kasih Tuhan.

Siapa mereka dan bagaimana sebenarnya keberadaan mereka ?
1. Mereka adalah orang-orang yang diberkati secara finance / keuangan
2. Suami mereka atau bahkan mereka sendiri memiliki bisnis, profesi, pekerjaan atau bahkan perusahaan
Untuk mendukung pelayanan Yesus dan rombongan, mrk melakukannya dng finance / keuangan mereka.      Dengan kata lain mereka mengalami panggilan Allah untuk menjadi murid Yesus yg ada ditempat kerja / market place.
Contohnya :
- Kolose 4:14, tabib Lukas,  yang tetap menggunakan keahliannya sebagai dokter khususnya dalam mendampingi dan merawat kesehatan Rasul Paulus dalam pelayanan memberitakan Injil.
- Keluarga Betania yg melayani Yesus dengan cara membuka rumah mereka sebagai tempat transit bagi perjalanan Yesus memberitakan Injil bahkan menyediakan makanan / logistik bagi keperluan Yesus dan murid-murid , Yoh 11:1
- Lidia, seorang pengusaha garmen yang menjual kain ungu dari kota Tiatira yang bersedia membuka rumahnya bagi Paulus dan rekan-rekannya untuk tinggal selama mereka ada di Filipi bahkan membuka rumahnya menjadi sebuah pos tempat pelayanan dikota Filipi. Kis 16:14, 40.
- I Kor 15 :5-6,  minimal murid-murid Yesus pada saat kenaikanNya dari berbagai kalangan berjumlah 500 orang.

4. Semua bangsa dipanggil menjadi Murid Yesus (Matius 28:19)
Tuhan memanggil semua orang menjadi muridNya dimanapun mereka berada.  Tuhan mau ada murid-muridNya didalam pelayanan, ditempat kerja, sekolah, didunia usaha, di rumah tangga, dll

Sebagai murid-muridNya
1. Kolose 3:23 - 24, miliki hati seorang Hamba.  Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.  Inilah Panggilan Allah bagi kita semua, siapapun dan profesi apapun kita.  Hati sorg Hamba akan mengetahui bahwa dia bukan pemilik, bukan Tuan tapi sebagai manager / pengelola dari semua yang Tuhan percayakan dalam hidup kita.
Tuhan menghendaki ada murid-muridNya dengan hati hamba di keluarga, ditempat usaha, dikantor, disekolah, khususnya  digreja.

2. Matius 25:14 Apa yang kita miliki hanyalah sesuatu yg dipercayakann oleh Tuhan
Itu sebabnya kita memiliki tanggung jawab untuk mengelolanya dengan Maksimal.  Jangan dipakai untuk memuaskan hawa nafsu tetapi mendukung proyek-proyek Gereja bagi kemuliaan nama Tuhan dan belajarlah memberkati sebab melalui hal itulah Tuhan menambah-nambahkan lagi kepercayaanNya kepada kita

Janji Yesus kpd murid-muridNya
Matius 28 : 20b Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nadab & Abihu

Genesis 40, The process in Joseph life

Praise & Worship