SEEING LIFE FROM GODS VIEW - Section 5

MEMANDANG HIDUP DARI MATA TUHAN - 


Cara Anda memandang hidupmu membentuk hidupmu. Perspektifmu akan mempengaruhi bagaimana Anda menginvestasikan waktumu, menggunakan uangmu, memanfaatkan talentamu, dan menghargai relasi-relasimu.  


Jika ditanya bagaimana Anda menggambarkan hidup, citra apa yang akan muncul di benakmu? Citra itulah metafora/kiasan hidupmu. Itula pandangan tentang hidup yang Anda pegang, secara sadar atau tidak sadar, di dalam benakmu. Itulah gambaran tentang bagaimana hidup bekerja dan apa yang Anda harapkan darinya. Kiasan hidupmu yang tak terucap mempengaruhi hidupmu lebih dari yang Anda sadari. Ia menentukan ekspektasi-ekspektasimu, nilai-nilaimu, relasi-relasimu, tujuan-tujuanmu, dan prioritas-prioritasmu.  

Jika Anda berpikir hidup adalah sebuah pesta, nilai utamamu dalam hidup adalah bersenang-senang. Jika Anda berpikir hidup adalah sebuah balapan, Anda akan menghargai kecepatan dan mungkin akan selalu tergesa-gesa. Jika Anda memandang hidup sebagai sebuah maraton, Anda akan menghargai ketahanan. Jika Anda melihat hidup sebagai sebuah pertempuran atau permainan, memenangkan sesuatu akan menjadi sangat penting bagimu.  

Apakah pandanganmu tentang hidup? Untuk memenuhi maksud-tujuan TUHAN menciptakanmu, Anda akan harus menantang hikmat konvensional dan menggantikannya dengan kiasan-kiasan tentang hidup yang alkitabiah. 

 Alkitabmemberikan tiga kiasan yang akan mengajar kita tentang pandangan TUHAN tentang hidup: Hidup adalah sebuah ujian,hidup adalah sebuah amanat, dan hidup adalah sebuah tugas sementara.

Hidup di bumi adalah sebuah Ujian. 
TUHAN secara berkesinambungan menguji karakter, iman, ketaatan, kasih, integritas, dan loyalitas umat-Nya. TUHAN menguji Abraham dengan memintanya mengorbankan anaknya. TUHAN menguji Yakub dengan membuatnya harus bekerja tambahan sekian tahun untuk mendapatkan Rahel menjadi istrinya.  Adam dan Hawa tidak lulus ujian di Taman Eden. Daud tidak lulus ujian dari TUHAN dalam beberapa peristiwa. Tapi Alkitab juga memberi kita banyak contoh tentang orang-orang yang berhasil melalui ujian besar seperti Yusuf, Rut, Ester,dan Daniel.  TUHAN secara berkesinambungan melihat responmu terhadap orang, masalah, keberhasilan, konflik, penyakit, kekecewaan, dan bahkan cuaca!  

Anda akan diuji dengan banyak perubahan, janji yang tertunda, masalah-masalah yang mustahil, doa yang tak terjawab, kritik yang tidak layak Anda terima, dan bahkan tragedi yang tidak masuk akal. TUHANmenguji imanmu melalui masalah, menguji pengharapanmu dengan bagaimana Anda menangani harta milik, dan menguji kasihmu melalui orang lain.  Sebuah ujian yang sangat penting adalah bagaimana Anda bertindak ketika Anda tidak merasakan kehadiran TUHAN dalam hidupmu. Kadang-kadang TUHAN dengan sengaja mundur, dan kita tidak merasakan kedekatan-Nya. 

Raja Hizkia telah menikmati suatu persekutuan yang akrab dengan TUHAN, tapi pada suatu titik kritis dalam hidupnya, TUHAN meninggalkannya sendiri untuk menguji karakternya, mengungkap kelemahan, dan menyiapkannya untuk tanggungjawab yang lebih besar.  Setiap hari adalah hari yang penting, dan setiap detik adalah sebuah kesempatan bertumbuh untuk memperdalam karaktermu, menunjukkan kasih, atau bergantung pada TUHAN. TUHAN menghendaki Anda lulus ujian dalam hidup, jadi Tuhan tidak pernah mengijinkan ujian yang Anda hadapi lebih berat dari karunia yang Ia berikan kepadamu untuk mengatasinya. Setiap kali Anda lulus ujian, TUHAN memperhatikan dan membuat rencana-rencana untuk memberimu ganjaran di kekekalan.  

Hidup di bumi adalah sebuah Amanat. 
Kita tidak pernah benar-benar memiliki apapun selama masa tinggal kita yang singkat di bumi. TUHAN hanya meminjamkan bumi kepada kita selama kita di sini. Segala yang kita nikmati harus diperlakukan sebagai sebuah amanat yang TUHAN tempatkan di tangan kita.  Di akhir hidupmu di bumi, Anda akan dievaluasi dan diberi ganjaran sesuai dengan bagaimana Anda menangani apa yang TUHAN percayakan kepadamu. 

Banyak orang gagal menyadari bahwa uang adalah sebuah ujian dan amanat dari TUHAN. TUHAN menggunakan keuangan untuk mengajar kita mempercayai-Nya, dan bagi kebanyakan orang, uang adalah ujian terbesar. TUHAN melihat bagaimana kita menggunakan uang untuk menguji seberapa dapat dipercaya-nya kita.  Hidup adalah sebuah ujian dan sebuah amanat, dan makin banyak TUHAN memberimu, TUHAN berharap Anda makin bertanggung jawab.

---------------Pokok Renungan : Hidup adalah sebuah ujian dan sebuah amanat.
Ayat Hafalan: Lukas 16:10a
Pertanyaan diskusi:Apa yang telah terjadi padaku akhir-akhir ini yang kusadari merupakan sebuah ujian dari TUHAN?  Apakah hal terbesar yang TUHAN telah amanatkan kepadaku?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nadab & Abihu

Genesis 40, The process in Joseph life

Praise & Worship