Joseph The Integrity Dreamer


Yusuf : Seorang yang Berintegritas dan Pengampun

Gen 37:1  Adapun Yakub, ia diam di negeri penumpangan ayahnya, yakni di tanah Kanaan.
Kanaan, Negri penumpangan ayahnya - Meski tanah Kanaan adalah tanah yang sudah dijanjikan kepada Abraham.


  • Ini sebuah prinsip hidup yang baik.  Hidup adalah penugasan sementara. Tempat asal kita orang percaya yang sesungguhnya bukan dari dunia.  Kita seperti Duta-duta / ambassador dari Kerajaan Allah.  Setelah penugasan selesai - pastikan kita menjalankan tugas dengan baik dan juga bersiap kapan saja untuk dipanggil pulang.
  • Heb 11:8  Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui. 9  Karena iman ia diam di tanah yang dijanjikan itu seolah-olah di suatu tanah asing dan di situ ia tinggal di kemah dengan Ishak dan Yakub, yang turut menjadi ahli waris janji yang satu itu. Ay. 10  Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah. 



Gen 37:2  Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf, tatkala berumur tujuh belas tahun--jadi masih muda--biasa menggembalakan kambing domba, bersama-sama dengan saudara-saudaranya, anak-anak Bilha dan Zilpa, kedua isteri ayahnya. Dan Yusuf menyampaikan kepada ayahnya kabar tentang kejahatan saudara-saudaranya.

  • Yusuf lebih menonjol dari semua anak-anak Yakub yang lain
  • Yusuf sejak muda sudah terbiasa mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya.  Kemungkinan karena hal inilah, Yakub sangat mengasihinya.
  • Dari segi karakternya : Yusuf mau bersahabat dengn saudara-saudaranya meskipun ibu mereka adalah budak-budak yang dijadikan istri
  • Mereka bersahabat kecuali dalam kejahatan.
Gen 37:3  Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.
  • Yakub lebih mengasihi Yusuf.  Yusuf adalah sebuah anugerah yaitu lahir dari Rahel yang mandul - istri yang dicintainya dan lahir pada masa tuanya.  Kejadian 30:22-24
Gen 37:4  Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah. 
  • Prinsip : Pembedaan perlakuan selalu menimbulkan rasa tidak suka dari pribadi yang lain.  Dampak dari ketidaksukaan itu mengakibatkan  Yusuf dibenci dan tidak disapa dengan ramah
  • Hal-hal yang diperbuat Yusuf mudah sekali menimbulkan rasa ketidaksukaan dari saudara-saudaranya padahal hanya sebatas mimpi / dream / angan-angan, ay. 5
    • Sebisa mungkin, jika kita sebagai orang tua, hati2 terhadap pembedaan perlakuan, akan berdampak jauh kedepan bagi masa depan mereka.  Kalaupun memang ada pembedaan, tidak perlu ditunjukkan secara terang-terangan tetapi cukup dalam hati saja.
    • Tapi jika hal ini terjadi pada diri kita, peganglah prinsip ini - setiap orang ada berkatnya / rezekinya, masing2 dan setiap orang juga punya kesusahannya masing-masing.
    • Tetap berfokus pada rencana Tuhan untuk setiap pribadi kita - melalui yang terbaik yang kita kerjakan dipekerjaan kita dan pelayanan kita.
Gen 37:5  Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.

  • Mungkin Yusuf tidak menyadari bahwa ia sedang dibenci oleh saudara2nya.  Prinsipnya : Jika kita tahu ada orang yang tidak suka kepada kita, kita harus mencari tahu apa penyebabnya, dan sangat bijaksana jika kita tetap rendah hati.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nadab & Abihu

Genesis 40, The process in Joseph life

Praise & Worship