The Sabath n Jubile

Tahun Sabat dan Tahun Yobel - Imamat 25


Garis Besar Kitan Imamat  terdiri dari 2 Bagian Besar yaitu :

I. Cara Menghampiri Allah : Pendamaian (Im 1:1-16:34)
II. Cara Hidup di Hadapan Allah: Kekudusan, (Im 17:1-27:34)

I. TAHUN SABAT
2 Macam Sabat
1. Sabat Harian 
Sabat Harian bagi orang Israel adalah Hari ke 7 yaitu Hari Sabtu
Yaitu Kebebasan dari pekerjaan sehari-hari dan memberikan waktu bagi Tuhan

2. Sabat Tahunan 
Sabat Tahunan dirayakan pada tahun yang ke 7 ( 7 Tahun Sekali)
Ay. 2, 3 - Istirahat untuk tanah (mengalami pemulihan) sebab ayat 23 katakan bahwa Tuhan adalah pemilik tanah.  Harus ada sabat untuk tanah.
bd. bahwa manusia unsur utamanya dibuat dari tanah.  Itu sebab Sabat bagi manusia juga diharuskan supaya manusia beristirahat dari pekerjaan sehari-hari dan memberi waktuuntuk Allah.

Pada Perjanjian Baru kita tahu bahwa Sabat sudah digenapi oleh Tuhan Yesus Kristus, jadi bagi kita orang percaya tidak ada lagi hari sabat dirayakan secara khusus tetapi secara prinsip Sabat bagi kita adalah waktu istirahat kita dari pekerjaan dan memberikan waktu, segenap hati dan jiwa bagi Tuhan.
Col 2:16  Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; 
Col 2:17  semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus. 
Janji Tuhan bagi orang yang menaati Sabat, Ay. 18-22.

II. TAHUN YOBEL
Tahun Yoel diperingati sebagai kelipatan dari 7 X 7 tahun Sabat = 49 tahun.  Tahun Yobel diperingati pada tahun yang ke 50. Ayat 8-11
Pelaksanaannya bertepatan dengan Hari Raya Pendamaian (Yom Kippur), dirayakan pada bulan yang ke 7 hari yang ke 10, diawali dengan peniupan Shofar (sejenis nafiri yang terbuat dari tanduk domba). 
Tahun Yobel diperingati sebagai Hari Pembebasan
- Pembebasan Tanah (ay. 28)
- Pembebasan Rumah (Ay. 31)
- Pembebasan Budak (Ay. 39-41)
Semua ini mengenai Hukum Pemulihan supaya orang Israel mengetahui bahwa Tuhan lah pemilik atas semuanya.

Tahun Yobel untuk kita merupakan Karya Yesus yang Sempurna melalui PenebusanNya diatas kayu salib sehingga kita boleh mengalami kemerdekaan yang sejati.
Luk 4:18  "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku 
Luk 4:19  untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nadab & Abihu

Genesis 40, The process in Joseph life

Praise & Worship