Inward Renewing Every Day - Upgrade the Life


MANUSIA BATINIAH DIPERBAHARUI

2 KORINTUS 4:16Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. 

TAHUN BARU
Bagaimana keadaan saudara ketika memasuki tahun 2012 ?  Hampir semua orang memasuki pergantian tahun dengan sukacita karena memiliki pengharapan yang besar bahwa tahun yang baru akan membawa sesuatu yang lebih baik dari tahun yg sudah berlalu.

Bagaimana keadaan saudara saat ini, apakah masih sama sepeti waktu saudara memasuki malam pergantian tahun ?  Apakah masih bersemangat dan antusias setelah melewati satu bulan yang pertama?  Jika tidak , apakah untuk memilikinya kembali harus menunggu saat pergantian tahun kembali ? dan mengapa begitu cepat perasaan yang bersemangat dan antusias itu menjadi hilang ?

BAGAIMANA SUPAYA HARAPAN ITU SELALU BISA MUNCUL TANPA HARUS MENUNGGU TAHUN BARU ???
Masalahnya adalah bagaimana supaya semangat dan antusiasme penuh pengharapan itu dapat muncul tanpa harus menunggu saat pergantian tahun ? 
Kita harus menyadari satu hal yang penting untuk kita waspadai yaitu manusia lahiriah yang semakin merosot.  Manusia lahiriah ini bukan hanya mewakili keadaan fisik kita yang menurun tetapi segala hal seputar kehidupan manusia lahiriah kita yang  juga semakin merosot.  Perhatikan bahwa berbagai krisis yang terjadi didunia ini akan semakin merosot dan memburuk.  Harga-harga semakin membumbung tinggi, sementara kemampuan daya beli masyarakat semakin rendah.  Keamanan sudah dikalahkan oleh ketidakamanan.  Krisis politik yang berakhir pada pemberontakan dan perang saudara.  Cuaca yang semakin ekstrim, bencana alam yang tiba-tiba terjadi tanpa dapat segera diinformasikan untuk menyelamatkan banyak nyawa.  Semua hal yang terjadi tersebut mengindikasikan bahwa sungguh keadaan lahiriah manusia dan lingkungannya terus semakin merosot.

TIDAK TAWAR HATI
Firman Allah lewat rasul Paulus menasehatkan supaya kita tidak tawar hati menghadapi kenyataan bahwa manusia lahiriah dan kondisi lingkungannya semakin merosot.  
Tawar hati adalah Sebuah perasaan Negatif yang timbul secara alamiah dalam hidup manusia sehubungan dengan keadaan yang semakin merosot.  Dan bahayanya perasaan Tawar hati ini akan mengakibatkan seseorang  melakukan Tindakan negatif yang bukan saja menghancurkan dirinya tapi juga seluruh keluarganya.
Ada sebuah keluarga di Amerika serikat yang bernama Ervin Antonio Lupoe.  Dia didapati mati bunuh diri dengan menembakkan pistol ke kepalanya.  Dan ternyata sebelumnya dia terlebih dahulu menembak mati istri dan ke empat anaknya yang masih kecil.  Penyebabnya adalah dia tidak siap menerima berita PHK dirinya karena krisis ekonomi yang melanda Amerika.   Dia menjadi tawar hati dan melakukan tindakan negatif yang justru menghancurkan dirinya dan keluarganya.

MANUSIA BATINIAH DIBAHARUI DARI SEHARI KESEHARI
Dalam ilham Roh Kudus, rasul Paulus menjelaskan bahwa meskipun manusia lahiriah semakin merosot tetapi manusia batiniah diperbaharui dari sehari kesehari.  Kalau saja kita mengerti rahasia ini, maka kita tidak akan menjadi tawar hati.  

UPGRADE
Upgrade adalah  sebuah istilah yang merujuk pada penggantian produk dengan versi lebih baru dari produk yang sama. Umumnya berarti penggantian perangkat keras, perangkat lunak atau firmware dengan versi yang lebih baru atau lebih baik, untuk membawa sistem up to date atau untuk meningkatkan karakteristiknya. 
Jadi sebenarnya batiniah kita diupgrade oleh Tuhan dari sehari-kesehari.  Wow, bukankah hal itu sesuatu yg luar biasa.
Dibaharui sehingga menjadi semakin mengasihi Tuhan, semakin mengerti rencana dan kehendak Tuhan, semakin kuat dan berkemenangan, semakin disempurnakan.
Yesus adalah contoh pribadi yg mengalami pembaharuan batiniah
Luk 2:52  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. 

BAGAIMANA TUHAN MEMPERBAHARUI BATINIAH KITA ?

1. 2 Kor 4:6, Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus. 

  • Melalui  TerangNya yg bercahaya didalam Hati lewat Perenungan / saat teduh / menanti-nantikan Tuhan / meditasi
  • Inilah Firman dan Roh Kudus yang membuat terang dalam hati kita. 
  • Inilah yang memberikan pembaharuan didalam budi, Roma 12:2.  Sewaktu pembaharuan budi terjadi, maka akan terjadi juga perubahan dlm hidup kita.
  • Contoh : ay 7-9, itu adalah seperti sebuah harta yang mulia yg tersimpan dlm bejana tanah liat hidup kita.  Bagi kebanyakan orang, Firman dan Roh Kudus tdk terlalu penting, tp bg orang yg sdh mengalami, Firman dan Roh Kudus adalah harta yg tdk ternilai.
  • Sehingga ketika mereka mengalami penderitaan mereka tdk tawar hati


2. 2 Kor 4:13, Namun karena kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis: "Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata", maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata-kata. 

  • Dengan memiliki roh iman melalui Mengucapkan kata-kata Firman tentang Iman
  • Roma 1:17, bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis : Orang benar akan hidup oleh iman.
  • I Kor 2:9, Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
Selamat Mengalami Pembaharuan Batiniah Setiap Hari
By Ps. Hani Kong

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nadab & Abihu

Genesis 40, The process in Joseph life

Praise & Worship